CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

27 Maret 2009

PEMANASAN GLOBAL




Pemanasan Global adalah kejadian meningkatnya temperatur atau suhu bumi. Hal ini di sebabkan oleh sebagian besar aktifitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, pemakaian alat-alat rumah tangga yang menggunakan gas CFC dan pemakaian kendaraan bermotor.

Pemanasan global juga terjadi karena penumpukan gas-gas CO2 di atmosfer. Apabila hal ini terus dibiarkan maka semakin lama gas-gas ini akan menjadi insulator yang menahan panas bagi bumi. Gas-gas ini disebut juga dengan gas rumah kaca. Penumpukan gas rumah kaca akan menyebabkan lapisan ozon di bumi kian menipis. Akhirnya panas dari matahari akan mudah untuk masuk ke permukaan bumi dan gas-gas tersebut akan menahan panas dari matahari di permukaan bumi. Sehingga suhu bumi semakin meningkat. Peristiwa ini dinamakan dengan "Efek Rumah Kaca".

Dampak dari pemanasan global adalah daerah tropis akan menjadi semakin kering, hewan dan tumbuhan yang tidak dapat bertahan hidup akan punah, berbagai macam penyakit akan berdatangan seperti kanker kulit, malaria, katarak dll.

Dampak yang lebih memyeramkan adalah jika suhu bumi semakain meningkat, maka permukaan es di kutub utara dan kutub selatan akan mencair. Hal ini akan menyebabkan volume air laut semakin meningkat dan tinggi permukaan air laut semakin bertambah, sehingga akan menyebabkan banjir di daerah pantai bahkan akan menenggelamkan beberapa pulau.

Melihat dampak-dampak di atas, ada beberapa upaya untuk mencegah pemanasan global diantaranya menghilangkan karbon dengan cara menyuntikan karbon di dalam perut bumi. Selain itu, kita juga harus mengurangi pemakaian kendaraan bahan bakar dan menggantinya dengan bahan bakar yang ramah lingkungan seperti biogas dan biomassa. Kita juga harus mengurangi pemakaian konsumsi alat-alat rumah tangga yang menggunakan gas CFC seperti AC, Kulkas dan Parfum.

Kinilah saatnya kita menyelamatakan bumi ini. Karena bumi ini hanya satu. Marilah kita jaga bumi ini untuk anak cucu kita mendatang.

0 komentar: